Wednesday, November 11, 2015

Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Assalamu’alaikum wr wb,.,

Hai-hai sobat blogger apa kabar hari ini?

Biasa nih sobat blogger hari ini saya mau berbagi pengalaman baru lagi, heee,.,
Insyaalloh semua tulisan yang saya share ke blog ini berdasarkan pengalaman pribadi ataupun pengalaman seseorang yang saya dengar langsung jadi ga hanya copas tulisan dari blog lain.

Kali ini saya mau share cara memasak daun pepaya agar tidak pahit. Semua orang pasti tahu rasanya daun pepaya kalau dimasak hampir sama lah sama pare rasanya pahit. Tapi walaupun rasanya pahit daun pepaya itu kaya akan serat dan manfaatnya juga banyak banget buat tubuh kita. Awalnya sih karena penasaran setiap main ke rumah bude dan pas masak lauknya lalapan daun pepaya direbus tapi ga ada rasa pahitnya sama sekali malah cenderung enak dan bikin nagih,.,heee (bisa jadi karena tinggal makan ya, xixixi),.,karena ga pernah nanya detile sama bude gimana cara masaknya biar ga pahit, jadi saya juga ga pernah masak daun pepaya di rumah secara pait gitu jadi misua ga suka sama kayak kalau bikin oseng pare malah jadi ga mau makan di rumah deh.

Nah pas kebetulan lagi ada mamah di rumah dan ada daun pepaya ditukang sayur saya beli deh sekalian bereksperimen gimana cara masaknya biar ga pait. Abis ngobrol-ngobrol sama mamah kalau saya pengen masak daun pepaya biar ga pait itu gimana ya,.,.?? jawaban mamah simple katanya masaknya pakai lempung (sejenis tanah liat yang biasa dipakai untuk membuat gerabah atau patung). Berhubung ga ada lempung jadi cari cara lain deh gimana biar hasilnya ga pait, dan taraaaaa setelah selesai di masak dan di oseng saya cobain dan ternyata hasilnya sama sekali ga pait loh malah enak.



Cara masak daun pepaya agar rasanya tidak pahit versi me and my mom :

Pertama :
“Daun pepaya disiangin maksudnya biar kalau ada binatang kecil atau apa gitu bisa dibuang dulu, maklum namanya juga belinya di tukang sayur bukan di supermarket, tapi tangkainya jangan dibuang ya biarkan tetap utuh,.,”

Kedua :
“Daun pepaya yang sudah disiangin ga perlu dicuci dulu tapi langsung direbus dan masukan sedikit garam agar warnanya tetap hijau dan tetap terlihat segar daunnya, rebus setengah matang saja”

Ketiga :
“Setelah direbus setengah matang buang airnya dan ganti yang baru, kemudian rebus lagi hingga matang”

Keempat :
“Setelah matang siap disajikan atau diolah sesuai selera ya,.,mau dioseng pedas enak mau dijadiin lalapan pun mantaplah pokoknya”

Ini cara masak versi saya dan caranyapun simple kan?saya sudah nyobain cara ini dua kali dan hasilnya juga sama ga pait loh, tapi hasilnya lupa mau di photoin. Misua yang tadinya ga doyan biarpun udah saya campur daun singkong juga tetep aja masih complain karena rasa paitnya tetep berasa pait katanya. Tapi pas nyokap masak dengan cara ini hasilnya ga pait dan misua juga sama sekali ga tau kalau itu daun pepaya, katanya ga pait malah enak. Yeeee akhirnya dapet ilmu yang baru dari nyokap. I love you mom, you are my hero and my everything.

Selamat mencoba ya sobat blogger, insyaalloh dijamin dari yang tadinya ga suka dan cenderung ga doyan jadi ketagihan, heee,.,

Semoga bermanfaat ya,.,

No comments: