Monday, November 30, 2015

Sambal Terasi yang ga gampang basi


Eeehhhmm paling enak kalau udah ketemu weekend deh bisa full di rumah and main bareng anak sekaligus masak memasak sekaligus nginem juga alias beberes rumah, alhamdulillah dapat kerja yang sabtu minggu libur.
Pagi-pagi bangun bebenah di dapur sakalian bikinin kopi buat suami tercintah yang memang sabtu masuk setengah hari, abis itu belanja sayur deh ke tukang sayur deket rumah.


Menu masakan tiap hari boleh apapun tapi tetap harus ada satu menu kesukaan suami yang ga boleh absen tiap harinya yaitu “Sambal Terasi” heeee Kalau sampai satu menu ini ga ada mau menu seenak apapun juga suami malah jadi ga mau makan di rumah.
Biar ga tiap hari ngulek atau bikin sambelnya, bikin aja sambal matang biar bisa dinikmati untuk beberapa hari kedepan. Kalau takut sambal terasinya jadi ga enak atau malah basi karena lebih dari sehari, nih saya kasih tips biar “Sambal Terasi” tahan atau awet untuk beberapa hari tanpa basi dan rasanya juga masih enak dan ga kalah deh sama sambal terasi kemasan yang banyak dijual di pasaran atau supermarket.

Ini dia resep dan tipsnya :

Pertama :
“Siapkan bahan-bahan utama sambalnya ya yaitu cabai (saya pakai rawit merah semua karena lebih suka yang pedas), bawang putih dan bawang merah masing-masing satu siung ambil yang ukuran sedang atau bisa disesuaikan jika bikin sambalnya dalam porsi besar ya, kemudian tomat juga sebagai campuran biar pedasnya tidak terlalu hot, dan saya kasih lagi kemiri 1 buah agar rasanya lebih gurih kemudian bahan terakhir adalah terasi, untuk terasi menyesuaikan dengan selera ya karena ada yang suka pakai sedikit yang penting sudah terasa dan aroma terasi ada juga yang suka pakai terasinya agak banyak kayak saya nih pakainya agak banyak biar hasilnya lbih nikmat dan enak (menurut saya dan suami heeee)”
Bahan-bahan


Kedua :
“Setelah dicuci bersih rebus semua bahan kecuali terasi ya, sampai matang”


Merebus bahan
Ketiga :
“Setelah direbus tadi dan sudah agak dingin uleg semua bahan, karena saya buatnya agak banyak dan lagi malas nguleg jadi saya blender aja deh ,., uppss heee,., tapi jangan khawatir sobat rasanya juga tetap nikmat walaupun diblender, blender sebentar dengan tambahan air sedikit (hasil kasar) masukan terasi kemudian blender lagi sampai halus”


Boleh diblender atau diulek
Keempat :
“Siapkan wajan kasih minyak secukupnya untuk menumis hasil yang sudah diblender tadi, tumis sambal dan kasih garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya ya, kalau tadi pakai terasinya agak banyakan saat menumis kasih garamnya dikit aja karena terasi sendiri rasanya sudah agak asin. Tumis sampai matang dan warnanya berubah kecoklatan”

Taraaa dan sambal terasinya pun siap dinikmati untuk beberapa hari ke depan ya sobat.

Kenapa “Sambal Terasinya” bisa tahan sampai beberapa hari tapi ga basi dan rasanya masih enak???
Padahal ga ada tambahan apapun selain bahan utama sambal apalagi pakai bahan pengawet segala dan ga perlu masuk ke kulkas.

Jawabannya yaitu Kalau dilihat dari cara membuatnya tadi bahan awalnya sudah direbus dulu sampai matang dan hasil akhirnya masih tetap harus ditumis lagi sampai benar-benar matang, makanya sambal terasinya bisa awet tanpa basi dan rasa tidak enak.


No comments: