Wednesday, December 2, 2015

Explore Indonesia tempat Wisata Baturaden


INDONESIA memang sangat mempesona dengan segala keindahan dan kekayaan alamnya. Banyak sekali tempat wisata di negeri tercinta kita ini yang bisa di explore keindahan alamnya yang salah satunya adalah tempat wisata BATURADEN yang terletak di Central Java, dan lebih tepatnya di sebelah selatan Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah dan juga salah satu Gunung Berapi yang masih aktif, lokasinya sangat sejuk dengan pemandangan alam yang indah dan cenderung bertambah dingin ketika malam mulai datang.

Salah satu air terjun (Dok. pribadi)

Keindahan alam Baturaden (Dok Pribadi)


BATURADEN sendiri juga mempunyai banyak legenda cerita rakyat dan salah satu yang paling terkenal adalah lutung kasarung atau Raden Kamandaka. BATURADEN  sendiri terletak disebelah utara kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas tepat di lereng selatan Gunung Slamet, Jarak dari Kota Purwokerto sendiri sekitar 15 km dan dapat ditempuh kurang lebih 15 menit dengan kondisi lalulintas yang tidak terlalu padat. Karena letaknya yang masih berada di lereng gunung menjadikan BATURADEN ini tempat dengan hawa yang masih sejuk. Banyak sekali wisatawan lokal yang mengunjungi tempat ini terutama di hari libur, dan jangan khawatir untuk wisatawan luar kota yang ingin berkunjung ke tempat ini dan ingin menginap karena di sana juga banyak Villa dan Hotel. BATURADEN adalah keindahan yang memancar dari lereng Gunung Slamet.

Me and My lovely sister (Dok Pribadi)

Wtih Ponakan (Dok Pribadi)

Di BATURADEN sendiri terdapat banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi dan diexplore.
Spot paling menarik dan paling banyak dikunjungi adalah “pancuran pitu dan pancuran telu” atau masyarakat lebih sering menyebutnya pemandian air panas, air terjun yang mengalir di sana sangat kaya akan BELERANG yang dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit. Suhu air di pancuran pitu mencapai 60 sampai 70 derajat celcius, tapi untuk terapi bisa juga dipancuran telu yang memang suhunya lebih rendah atau lebih hangat.

Me (Dok pribadi)

Dokumen Pribadi

Selain pemandian air panas yang kaya akan belerang, BATURADEN juga mempunyai kolam sumber air murni yang disebut Telaga Sunyi.

Tidak jauh dari pintu masuk tempat wisata BATURADEN yang berjarak sekitar 2 km juga dibuka tempat perkemahan seperti yang ada di Jakarta yaitu Jambore Cibubur.

Kalau Jakarta mempunyai Ragunan sebagai kebun binatangnya, maka BATURADEN juga sama mempunyai kebun binatang yang bernama Taman Kaloka Widya Mandala yang juga berfungsi sebagai tempat edukasi untuk mengenal kerangka satwa khas INDONESIA.

BATURADEN juga menyediakan sebuah wisata budaya yaitu Grebeg Syura yang diadakan setiap bulan pertama dalam kalender tahun islam, ada pertunjukan musik calung dan tari tradisonal lengger, ada juga pertunjukan yang bernuansa mistis yaitu ebeg atau kuda lumping serta kegiatan mengunjungi tempat-tempat yang dianggap suci, lazimnya adalah kuburan yang disebut sebagai kenduren oleh masyarakat di sana.

Kemudian satu lagi yang tak kalah menarik yaitu Teater Alam Baturaden, di sini wisatawan disuguhkan film-film mengenai wisata alam di indonesia yang indah dan khususnya di Banyumas. Uniknya adalah tempatnya sendiri di dalam sebuat pesawat terbang jenis foxer 28 milik Garuda Indonesia Airways, pastinya menjadi sebuah tempat atau teater yang sangat menarik dan menyenangkan. Pesawat ini tepat berada di samping pintu masuk Baturaden. Setiap tayangan film berdurasi 10 menit sampai 15 menit tiap sesinya.

Note : Gambar diambil dari anekatempatwisata.com
Tempat wisata yang sangat menarik dan indah bukan, dari Baturaden juga kita bisa melihat Kota Purwokerto dan pulau Nusakambangan yang terletak di Kabupaten Cilacap. 

No comments: