Friday, July 7, 2017

Mudik Lebaran 2017 1 syawal 1438 H

Assalamu'alaikum wr wb,

Hai apa kabar teman-teman dan sobat blogger semua,.,
Semoga selalu sehat dan baik ya semuanya,.,

Sudah lama vakum dari dunia blogger lebih kurang hampir 5 bulan tanpa satupun publish sebuah karya padahal sebenarnya banyak sekali bahan yang ada di pikiran untuk dijadikan sebuah karya, tapi entah blogger receh macam apalah aku inih yang baru bisa menghasilkan sebuah karya kalau lagi mood aja, heeee,., maapkeun ya curhat dikit sebagai pembukanya,.,

Cr pribadi
Hari ini tumben aja pengen nengokin blog yang sudah hampir dipenuhi sama debu dan pengen cerita soal mudik lebaran kali ini, karena menurut ku mudik kali ini bisa dibilang memuaskan karena full bisa bersama kaka Safa (anak pertama ku yang tinggal sama mbahnya di kampung dan usianya sudah 5 tahun 6 bulan) selama libur lebaran.

Sebelumnya aku sudah pernah cerita tentang 
Mudik Lebaran 2016 di sini.

Mudik Lebaran 2017 1 syawal 1438 H sepertinya liburnya memang lumayan lebih lama ya karena melewati 2 kali weekend,.,pasti hampir semua kaum urban di Jakarta maupun di kota lain menjalankan ritual tahunan ini yaitu MUDIK, rata-rata pasti mudiknya beberapa hari sebelum hari Raya Idul Fitri tiba,.,tapi banyak juga yang sengaja mudik setelahnya karena menghindari macet atau memang punya keluarga dan kerabat di jakarta.

Apa sih istimewanya Mudik?,.,

Buat aku pribadi sebagai kaum urban yang sudah tinggal di Jakarta dari masih sekolah SMA dan sampai saat ini sudah berkeluarga dan punya 2 balita Mudik adalah hal yang paling membahagiakan buat kami karena aku dan suami adalah sama-sama pendatang. Mudik menjadi hal yang sangat istimewa karena setelah beberapa waktu kami habiskan untuk bekerja di Jakarta pasti ada rasa rindu yang dalam pada kampung halaman kami, terutama adalah orang tua tercinta dan sodara serta kerabat yang ada di sana. Setelah menikah aku jadi punya dua kampung yang harus di kunjungi ketika mudik yaitu kampung ku sendiri di Cilacap dan kampung suami di Tegal. Semua orang rasanya jika marantau ke kota lain pasti akan merindukan kampung halamannya sendiri apalagi ketika kecil memang tinggal di sana.

Apa bedanya Mudik saat hari biasa dan Mudik saat lebaran (Hari Raya)?,.,

Jelas berbeda, kalau mudik saat hari biasa buat aku sendiri rasanya agak sepi ya karena ketika sesampainya di kampung halaman tidak banyak ketemu teman-teman semasa kecil di sana, tapi kalau mudik saat lebaran atau Hari Raya momentnya aja jelas sangat istimewa karena adanya hanya setahun sekali apalagi seperti moment hari Raya Idul Fitri 2017 (1 syawal 1438 H) ini. Selain untuk sungkem atau silaturahim sama orang tua dan silaturahmi dengan kerabat atau tetangga sekitar, moment mudik Lebaran juga bisa di manfaatkan untuk ketemu dengan teman-teman semasa kecil yang memang sama-sama merantau di kota lain karena biasanya semua pada pulang kampung juga dimoment lebaran seperti ini.

Kesan Mudik 2017 (1 syawal 1438 H),.,

Setiap moment Mudik Lebaran buat aku selalu istimewa apalagi setelah menikah dan punya keluarga baru jadi makin banyak saudara dan punya dua kampung untuk mudik,.,heee
Setelah punya anak apalagi makin hebring kalau mau mudik lebaran karena bukan cuma ngurusin barang bawaan aku dan suami tapi ada barang bawaan anak juga dan masih kecil pula (anak kedua ku usianya tahun ini 4 tahun 4 bulan). 

Baca ya Tips nyaman bawa si kecil Mudik di sini .

Mudik kali ini kami masih menggunakan moda transportasi Bus karena sudah tidak pernah kebagian tiket kereta lagi padahal lebih enak naik kereta,.,hiks :( jadi sedih deh,.,

But it's OK,.,karena Alhamdulillah kali ini sesampainya di terminal Kampung Rambutan (jam 6 pagi) langsung ada busnya dan kami masih kebagian tempat duduk jadi langsung tenang tinggal nunggu diberangkatin aja. Berbeda dengan tahun sebelumnya karena masih menunggu sekitar 2 jam lebih busnya baru dateng dan itupun rebutan dapat tempat duduknya.

Cr Pribadi
Cr Pribadi
Entahlah mudik kali ini buat aku sedikit lebih berkesan dibandingkan sebelum-sebelumnya, mungkin selain karena liburnya labih lama, waktunya juga bisa full dihabiskan bareng sama kaka safa,.,karena biasanya selalu dibagi waktunya dengan yang lain karena kondisi tertentu. Aku sangat menikmati semua waktu dengan si kaka yang notabene memang sudah ikut mbahnya tinggal di kampung dari masih usia 7 bulan karena aku hamil lagi (mungkin orang bilangnya kesundulan) dan saat itu posisinya aku juga kerja.,.,please jangan pada julid ya kalau baca point ini,.,aku pasti langsung sedih karena semua ibu pasti akan selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya dan dekat dengan anaknya begitupun dengan aku.  

Ngapain aja selama Mudik,.,?

Aaaaah kalau nyeritain soal ini rasanya pengen balik mudik lagi deh,.,heee
kalau di kampungku sendiri memang lebih terasa sejuk dibanding kampung suami yang lebih terasa gersang karena di sana hampir tidak ada area persawahan gitu.
Cr Pribadi
Cr Pribadi
Selain main ke tempat bermain anak yang ada di supermarket gitu, kami juga main ke laut (ini yang namanya vitamin sea ya,.,hee) dan main sepeda setiap pagi yang disepanjang jalannya terlihat hamparan hijau persawahan yang masih sangat luas dan inilah yang masih membuat kampung ku terasa sejuk dipandang mata.

Cr Pribadi
Jadi di kampung ku banyak dikelilingi laut selatan yang jarak dari rumah masih sangat terjangkau ditempuh dengan sepeda motor dan masih banyak alternatif object wisata lainnya untuk dikunjungi.

Cr Pribadi
Mudik Lebaran kali ini sempat juga kok memboyong seluruh keluargaku ikut ke Tegal (kampung suami) menghadiri acara pernikahan adik ipar ku yang paling terakhir, walaupun tidak bisa lama-lama di sana. Maklum sewa mobilnya cuma sehari,.,heee,.,tapi doa kami pasti yang terbaik untuk pengantin baru ini dan semoga lekas diberikan momongan ya dear (Noto dan Desi),.,

Setelah menikah dan punya anak setiap liburan dan mudik,.,menghabiskan waktu bersama anak-anak adalah hal yang paling wajib karena kami adalah orang tua yang sehari-harinya adalah bekerja. Apapun itu entah jalan-jalan, makan di luar, atau sekedar ngobrol dan bercanda bareng sangatlah berarti dan harus berkualitas itu yang paling penting.

Ehhhm lumayan agak panjang ga papa ya teman-teman,.,walaupun sekedar cerita ngalor ngidul begini, tapi intinya adalah "Happy Ied Mubarak, mohon maaf lahir dan batin". Tidak ada kata terlambat untuk saling memaafkan bukan.

See u next cerita ya,.,

Wassalamu'alaikum wr wb





No comments: