Wednesday, July 26, 2017

Khasiat Mujarab dari Bekicot untuk Mengobati Luka

Assalamu'alaikum wr wb,.,

Kemarin abis bahas soal Mudik di sini,.,tapi yang mau dibahas sekarang juga masih ada hubungannya sama Mudik kemarin ya, yaitu tentang keajaiban hewan bernama Bekicot.

Bekicot itu apa sih?


Di kampung ku sendiri Bekicot itu adalah sejenis hewan bercangkang (cangkang adalah rumah bagi bekicot yang selalu nempel sama badannya) yang sering ditemuin di darat. Sebenarnya bekicot atau siput punya sebutan berbeda-beda di tiap daerah,.,ayo kalau di tempat kalian namanya apa?,.,
Untuk lebih jelasnya penjelasan mengenai asal usul dan jenisnya bisa dilihat di wikipedia ya guys,.,

Nah kemarin waktu masih di kampung, selain jalan-jalan ke laut juga hampir setiap pagi aku dan suami serta anak-anak bermain sepeda sampil menghirup udara sejuk dipagi hari dengan suasana pemandangan yang masih di kelilingi hamparan sawah yang luas. 

Karena si dede (daffa) belum terbiasa bonceng sepeda jadi masih belum tau cara yang benar saat bonceng, beda sama kakanya (safa) yang memang kesehariannya di kampung main sepeda.
Dan saat bonceng sepeda kaki daffa mungkin posisinya terlalu dekat dengan roda sepedanya, jadi kena jari-jari roda tuh kakinya daffa. Pas dia nangis dan kakanya bilang kakinya dede kena ruji (jari-jari sepeda) barulah kita berenti dan untungnya emang jalannya juga pelan jadi cuma luka sedikit. 

Tapi ini bukan kakinya daffa masuk ke jari-jari roda sepeda loh ya, cuma kena gesekan aja jadi pas belakang kaki yang atas tumitnya lecet dan kulitnya nglupas jadi berdarah.

Sesampainya di rumah mbahnya langsung sibuk deh tuh nyari bekicot buat ngobatin lukanya daffa.

Bekicot itu ampuh dan berkhasiat loh buat menyembuhkan luka,.,!!

Aku jadi inget waktu masih kecil dan masih tinggal di kampung setiap kena apa-apa entah kena pisau, kena mainan, atau jatoh pas mainan dan lecet terus berdarah pasti langsung dicariin bekicot buat ngobatin lukanya dan ajaibnya lukanya itu jadi cepet kering loh, dibanding pakai obat-obat an kimia. Dan yang dipakai buat ngobatin lukanya itu adalah lendir dari si bekicot itu, jadi pas badannya bekicot masuk ke dalam cangkangnya tekan-tekan aja pasti keluar deh lendirnya dan oleskan lendir itu ke lukanya. Kalau lukanya agak lebar dan lendirnya kurang banyak getok aja ujung cangkang bekicotnya pasti jadi keluar banyak lendirnya.

Dan bener aja pas lukanya daffa diolesin lendir bekicot itu beberapa jam lukanya mulai kering. Tadinya sempet khawatir karena udah mau balik ke Jakarta malah ada kejadian begini takutnya daffa jadi rewel dijalan. Besoknya pas berangkat ke Jakarta lukanya udh bener-bener kering dan masih sempet diolesin lagi sama lendir bekicotnya. Itu obat warisan dari orang tua di kampung dan bener-bener manjur dan juga sangat alami tanpa kimia.

Kalau di Jakarta sih udah jarang ya ketemu sama hewan bekicot ini, jadi kalau ketemu bekicot ini jangan di matiin ya guys karena sebenarnya hewan ini ga ganggu kok,.,paling kalau kalian ngrasa geli sama bekicotnya ya pindahin aja agak jauh dari pandangan mata,., heee

Sebenarnya banyak loh warisan-warisan pengobatan alami dari orang tua di kampung yang memakai bahan-bahan baik dari unsur dedaunan ataupun hewani yang mujarab dan sangat manjur dengan efek samping buruk yang hampir ga ada.

Sebelumnya juga aku pernah share mengenai khasiat dari minyak kelapa atau minyak klentik untuk luka di sini dan juga Cara Membuatnya.

Mudah-mudahan infonya bermanfaat ya dear,.,memanfaatkan yang ada di alam sekitar kita. Selagi masih ada yang alami dan manjur kenapa pakai yang kimiawi?,.,ya kaaan,.,heee,.,

See u next info ya dear,.,


2 comments:

Lasmicika said...

Zaman dulu, karena obat dan tenaga pelayanan kesehatan belum banyak sampai ke kampung kami, warga sering menggunakan cara alami untuk pengobatan. Seperti bekicot ini.
Kadang dengan getah daun pepaya, kadang daun lamtoro atau apa itu lupa.

Dan sembuh! ^v^

Kalau penelitian secara medis sudah ada apa belum ya?

Sania said...

klo secara penelitian saya juga kurang tau ya,.,

tapi emng mujarab banget loh obat2 traditional warisan itu.