Thursday, February 7, 2019

Cara Update efaktur terbaru 2019 versi 2.2

Assalamu’alaikum wr wb

Hallo sobat Blogger, apa kabar? lama nih tak bersua di halaman ini,.,.,

Saya kali ini mau bahas yang lagi hangat nih di dunia perpajakan per awal Februari 2019 ini.

Yap apalagi coba kalau bukan Update Aplikasi e-Faktur 2.1 ke versi terbaru yaitu 2.2, di setiap Kantor Pelayanan Pajak sebenarnya pengumuman ini mungkin sudah jauh-jauh hari dipajang di sana kalau mulai Tanggal 02 Februari 2019 Aplikasi e-faktur akan ada Update baru lagi.
Tapi berhubung saya sudah jarang sekali ke Kantor Pelayanan Pajak karena sekarang sudah hampir semua pakainya system online bahkan lapor saja sudah online, makanya saya sudah sangat jarang mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak. Saya baru tahu terkait update e-faktur ini ya pas mau menerbitkan Faktur Pajak untuk kelengkapan invoice atau tagihan ke klien. Tiba-tiba si aplikasi yang saya punya error dan ga bisa dipakai sama sekali, muncul keterangan error update.
Cr : Pribadi

Sebelumnya pernah juga kejadian begini sama persis, dan memang ada pembaruan system dari Pajaknya. Karena sudah lama jadi saya lupa kalau systemnya harus di instal ulang dengan yang baru.

Berikut cara yang simple untuk proses update Aplikasi e-Faktur terbaru versi 2.2 Tahun 2019 :

  • Untuk Aplikasinya sendiri bisa di download langsung ke website Pajaknya ( https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi ) atau jika ada kesulitan bisa langsung minta filenya ke Kantor Pelayanan Pajak dengan membawa flaskdisk
  • Extract dulu filenya jika belum diextract
  • Cr : Pribadi
  • Jangan lupa backup dulu file dari e-Faktur yang lama yaitu dengan meng copy Folder db secara keseluruhan kemudian paste file tersebut ke e-Faktur yang baru
Cr : Pribadi
  • Setelah itu jalankan ETaxInvoiceUpd.exe untuk mengupdate program dan databasenya kemudian tunggu sampai selesai (biasanya proses ini cepat ga sampai satu menit )
  • Rename / ganti / edit nama file ETaxInvoiceUpd.exe menjadi EtaxInvoiceUpd_old.exe
Cr : Pribadi
  • Update selesai dan silahkan buka kembali aplikasi e-faktur versi 2.2 Tahun 2019 teman-teman seperti biasanya

Nah itu cara yang simple untuk proses update Aplikasi e-Faktur terbaru versi 2.2 Tahun 2019 dari saya, jika ada pertanyaan atau ada kesulitan boleh tanya langsung saja ya di komen dan insyaalloh selagi saya bisa akan saya jawab.

Okay selamat mencoba teman-teman.

4 comments:

Imam Dermawan said...

Horeeee...akhirnya update blog..hayooo semangat bu...

Sania said...

iyah Pak, sayang udah bayar tahunan ceunah wkwkwkwk

Imam Dermawan said...

Bu FAvicon nya buat dong..biar gambar di barnya bukan loggo blogger..

Sania said...

belum sempet ngotak ngatik pak,.,